Tuesday, August 05, 2008

TNI AL Bidik Kapal Asing Pembuang Limbah

Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang membidik kapal-kapal asing yang membuang limbah padat dan cair di wilayah perairan RI.

"Bulan lalu kami menangkap kapal asing milik warga sipil Singapura membuang limbah di perairan Batam. Masih ada beberapa kapal lainnya yang akan diincar," kata Laksamana Pertama Marsetio yang secara resmi digantikan Kolonel (Mar) Lukman Sofyan sebagai Danlantamal IV Tanjungpinang, Senin.

Ia mengungkapkan, proses hukum kapal FM 16 yang ditangkap Lanal Batam karena membuang limbah tetap ditindaklanjuti. Proses hukum terhadap pemilik kapal FM 16 tidak ada kaitannya dengan pemerintah Singapura.

"Penangkapan kapal itu tidak ada kaitannya dengan pemerintah Singapura karena pemilik kapal warga sipil negara tersebut," ujarnya yang saat ini menjabat sebagai Wakil Asop Khas Kepala Staf Umum Mabes TNI.

Terkait kapal-kapal asing lainnya yang menjadi target TNI AL karena membuang limbah di perairan Indonesia, Marsetio hanya mengatakan kapal tersebut milik warga sipil dari negara yang bertetangga Indonesia.

"Nanti kalau sudah ditangkap baru kami beri tahu," ujarnya.

Permasalahan tersebut, kata dia, menjadi salah satu pekerjaan yang perlu ditindaklanjuti Danlantamal IV yang baru. "Itu salah satu tugas yang belum tuntas. Danlantamal yang baru akan menindaklanjutinya," katanya.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Kolonel (Mar) Lukman Sofyan mengatakan, tugas-tugas Danlantamal sebelumnya yang belum tuntas akan ditindaklanjuti, salah satunya permasalahan limbah.

"Pertama saya akan melakukan pembinaan personel di internal Lantamal IV, kemudian baru menindaklanjuti tugas-tugas yang sudah menanti," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments: