Wednesday, June 04, 2008

23 Pesawat Tempur TNI AU Diterjunkan

BALIKPAPAN, Sebanyak 23 pesawat tempur milik TNI AU dari berbagai jenis akan diturunkan dalam rangkaian Latihan Gabungan (Latgab) TNI. Panglima Komando Tugas Udara (Koasud) Latgab TNI, Marsekal Muda TNI Yushan Sayuti di Balikpapan, Rabu (4/6), mengatakan, selain pesawat tempur, ada 25 pesawat angkut, 16 helikopter, dan delapan pesawat VIP yang dikerahkan pada acara ini.

Yushan menjelaskan, ia sudah melakukan pengecekan di tiga pangkalan tempat berlangsungnya Latgab, yakni Batam, Pontianak, dan Balikpapan. "Saya lihat semuanya sudah berjalan dengan baik. Hanya saja masih ada sedikit kekurangan, contohnya dari segi personil," kata Yushan.

Dari segi personil, pihaknya akan melakukan penataan kembali, untuk menghindari terjadinya penumpukan personil. "Hal ini disebabkan di sini (Balikpapan) masih kekurangan untuk tempat menginap, maka personil akan kita taruh di Malang dan Makassar," tandasnya.

Pada Latgab yang dimulai 8 Juni 2008 nanti, TNI AU akan mengerahkan 3.860 personil. Untuk Kaltim latgab akan dilangsungkan di Sangata, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Semua pesawat yang akan digunakan dalam Latgab ditaruh di Pangkalan Udara Sepinggan, Balikpapan.

Pada latgab tempur TNI ini, ada empat wilayah tempat pelaksanaan yakni Sanggata (Kaltim), Singkawang (Kalbar), Natuna dan Batam (Kepulauan Riau), terakhir kali Latgab TNI dilaksanakan tahun 1996.

Dijelaskannya pula ada berbagai jenis amunisi yang akan digunakan, yakni 120 bom, 250 kg MK 82 sebanyak 250 kilogram, NK 12 sebanyak 320 kilogram dan roket 266 buah."Pada latihan gabungan ini kita akan melakukan rangkaian operasi amfibi dan operasi laut gabungan dengan sasaran darat dan laut," katanya.

Sumber : KOMPAS

No comments: