Saturday, May 10, 2008

Puncak Latihan Sikatan Daya 2008



Latihan puncak Koopsau II bersandi Sikatan Daya 2008, yang digelar selama lima hari, dari tanggal 5 hingga 9 Mei 2008, dan dipusatkan di Lanud Abdulrakhman Saleh Malang, Jawa Timur, hakikatnya sebagai ajang untuk menguji tingkat profesionalisme para penerbang jajaran Koopsau II. Sedikitnya 1500 prajurit Koopsau II dan belasan pesawat terbang, baik unsur tempur, angkut dan helikopter, dilibatkan dalam latihan ini.

Latihan dibagi dalam tiga tahap, yaitu gladi Pos Komando (dilaksanakan di satuan masing-masing), Tactical Air Manouver Game (dilaksanakan di Lanud Abdulrakhman Saleh, Malang) dan di akhiri dengan manouver (penembakan) lapangan (dilaksanakan di Air Weapon Range Pandanwangi, Lumajang, Jatim).


Teknisi pesawat tempur Sukhoi memasang bom jenis OFAB 100-120. FOTO ANTARA/HO-AU/nz/08.

Panglima Koopsau (Pangkoopsau) II Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti saat menutup latihan di Lanud Abdulrakhman Saleh, Malang, Jumat (9/5), menyatakan rasa bangga dan apriciate atas hasil latihan. Khusus kemampuan penerbang pesawat Sukhoi SU-27/30, Pangkoopsau II, menyatakan kepuasannya, meskipun baru pertama kali melakasanakan latihan dengan menggunakan persenjataan (bom), pesawat buatan Rusia itu mampu menghancurkan sasaran dengan sempurna. Target yang dipasang di pinggiran pantai selatan Lumajang, berhasil dilumatkan bom-bom OFAB Sukhoi.

Sumber : DISPENAU

Berita terkait lainnya :
Sukhoi Sempurna dalam Latihan Perdana dengan Bom

No comments: