Thursday, April 10, 2008

TNI dan Tentara Diraja Malaysia Gelar Pertemuan

JAKARTA--MI: TNI dan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) mengadakan Sidang ke-5 High Level Committee (HLC) Malaysia –Indonesia (Malindo) di Kucing, Malaysia, sejak Senin (7/4) lalu.

Sidang HLC yang ke-5 ini merupakan kelanjutan dari sidang-sidang sebelumnya yang diselenggarakan dua kali dalam setahun secara bergiliran antara Malaysia dan Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dan Panglima Angkatan Tentera Malaysia bertindak sebagai Ketua Bersama HLC, dimana dalam pelaksanaan di lapangan didelegasikan kepada Coordinated Operations Control Committee (COCC) serta Badan-badan Pelaksana dibawahnya. Yaitu Tim Perancang Intelijen (TPI), Tim Perancang Operasi Darat (TPOD), Tim Perancang Operasi Laut (TPOL), Tim Perancang Operasi Udara (TPOU), Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM), dan Tim Perancang Komunikasi dan Elektronik (TPK).

Berdasarkan siaran pers Mabes TNI yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Rabu (9/4), sidang ke-5 HLC membahas kegiatan-kegiatan selama ini dilaksanakan oleh Badan-Badan Pelaksana. Seperti bidang intelijen meliputi pemetaan daerah rawan teroris dan separatis, monitoring pelaksanaan kegiatan operasi pengamatan udara terhadap illegal logging. Bidang operasi meliputi patroli bersama darat di sepanjang perbatasan, Patroli Bersama di Selat Malaka, dan patroli terkoordinasi di perairan dan udara masing-masing negara.

Dalam sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso berharap agar kinerja yang baik antara kedua negara terus dilanjutkan. Menurut Panglima, melalui Sidang HLC, selain untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan dilaksanakan, juga akan ditemukan solusi-solusi ke depan dalam rangka menentukan pelaksanaan kerja sama pertahanan selanjutnya.

"Melalui Sidang HLC dapat terjalin komunikasi, kebersamaan dan kekeluargaan yang erat sebagai modal dasar dalam melaksanakan tugas bersama di bidang pertahanan," kata Panglima TNI.(Mjs/OL-03)

Sumber : MEDIAINDOENSIA.COM

No comments: