Friday, April 04, 2008

TNI AL - AL Thailand Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Jakarta - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) dan Angkatan Laut Thailand sepakat untuk meningkatkan kerja sama, termasuk dalam operasi patroli bersama di Selat Malaka.

Kesepakatan itu, diperkuat dengan penandatangan nota kesepahaman "Term of Refrence" Navy to Navy Talk antara kedua pihak oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Sumardjono dan Kepala Angkatan Laut Thailand Laksamana Satirapan Keyanon di Thailand, pekan lalu, kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AL Laksamana Pertama Iskandar Sitompul di Jakarta, Kamis.

Dalam nota kesepahaman itu disepakati kerja sama kedua pihak meliputi operasi latihan, pendidikan personel, tukar informasi tentang keamanan laut.

"Sedangkan di bidang pendidikan dilakukan perwira senior, studi banding tukar menukar perwira untuk mengenyam pendidikan di sekolah komando masing-masing pihak, pelatihan, `job training` kadet di Akademi Angkatan Laut masing-masing pihak, serta kursus untuk meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme," ujar Iskandar.

Tentang patroli bersama di Selat Malaka, ia mengatakan, Thailand masih berkeinginan untuk dapat melakukan patroli bersama di Selat Malaka dengan TNI AL, dan angkatan laut dua negara pantai lainnya di selat sepanjang 500 mil itu yakni Malaysia dan Singapura.

Sumber : ANTARA

No comments: