Saturday, August 04, 2007

Russia Menempatkan Lebih dari 30 Alutsista Baru Sepanjang Januari-Juni 2007

MOSCOW, 3/8 (RIA Novosti) - "Komisi Pertahanan Russia telah menempatkan lebih dari 30 tipe alutsista baru dari advanced weapon systems di smester pertama 2007 ini", demikian dikatakan mentri pertahanan Jumat (3/8).

"36 tipe alutsista modern telah ditempatkan Russian Armed Forces (RAF) diawal semester 2007," ujar Anatoly Serdyukov.

Menhan Russia mengatakan, alutsista ini termasuk kapal selam berpeluncur SINEVA balistic missil (R-29RM), kompek pertahanan udara S-400 Triumf, dan 120-mm NONA SM-1 towed mortar untuk kekuatan AD.

R-29RM Sineva (NATO codename SS-N-23) di desain untuk digunakan pada kapal selam Russia kelas Delta IV, tiap-tiap kapal selam mampu membawa 16 missil. Termasuk 4 hulu ledak nuklir dengan jarak jangkau 8,500 kilometer.

Serdyukov juga mengatakan, Russia telah berhasil menguji peluncur 'YARTS' (Land-Based Ballistic Missile), sebagai peluncur laut BULAVA ballistic missil dan X-102 airborne missile.

"Kami telah memasuki uji akhir untuk keseluruhan jenis missil," ujarnya.

Sebagai tambahan, Russia juga berhasil menguji versi terbaru ISKANDER-M ballistic missil, yang kapabel membawa multiple warheads (beberapa hululedak) dan 2 peluncur satelit komunikasi dan intai mata-mata, tambah mentri pertahanan.

No comments: