Monday, July 16, 2007

PT-91M Tank Tempur Utama Malaysia



Malaysia diberitakan telah membeli 48 unit Tank Tempur Utama (MBT) PT-91M sebanyak 48 unit, lengkap berikut kekuatan pendukungnya sejumlah 6 unit kendaraan bengkel WZT-4, 5 unit PMC-90 Leguan Ran Jembatan, dan 3 unit OBRUM Gliwice MID-M obstacle-breaching vehicle. Total nilai kontrak dengan pihak Bumar-Polandia yang di Malaysia diwakili oleh MMC Defence sebesar 1,4 milyar Ringgit atau setara dengan 368 juta Dollar Amerika.

PT-91M pesanan Malaysia dilengkapi dengan sistem komputer pengendali penembakan SAVAN-15 dari Sagem, Perancis, Battle Management and Navigation System ‘Epsilon’ juga dari Sagem, dan penggerak elektronik untuk turret EPS-2 dari EADS.

Pengujian akhir untuk pelaksanaan produksi kontrak telah dilakukan pada 21 Maret 2007 yang lalu, dan disetujui untuk segera diproduksi dalam jumlah sesuai kontrak.

Dan tiga unit produksi standar dijadwalkan akan selesai pada bulan Mei untuk digunakan sebagai sarana pelatihan di Polandia bagi 15 personil awak tank dari AD Malaysia. Dan enam unit direncanakan akan berpartisipasi pada Hari Kemerdekaan Malaysia pada tanggal 31 Agustus mendatang. Tank ini akan masuk dalam jajaran Resimen Lapis Baja ke-11 ‘Gemas’ dari Kor Armor DiRaja.

Pada proses pembelian, pihak Bumar sudah mengirimkan unit uji-coba untuk dioperasikan di Malaysia (prototype PT-91M improvement), guna menjelajahi medan operasi yang ada diwilayah Malaysia dan telah mengarungi jarak tempuh sekitar 2.100 km. Dan dilanjutkan dengan pengujian tahap lanjut di Polandia, termasuk pelaksanaan penembakan oleh personil dari Malaysia.

Pemilihan PT-91 Twardy (PT-91 Hardy, artinya resilient) oleh pemerintah Malaysia diputuskan pada tahun 2003, merupakan Tank Tempur Utama yang pertama bagi jajaran angkatan bersenjata Malaysia. Spesifikasi PT-91M berasal dari PT-91/PT-91ยช Polandia yang dikembangkan dari T-72M1 Rusia. PT-91 memiliki penyempurnaan pada sistem proteksi, sistem kendali penembakan dan mesin.

Composition of the SAVAN 15 fire control system

3 comments:

ridho said...

go to hell malaysia, you can't win to fight indonesia

ScChow said...

Go to hell you ignorant. You're just seeking doom for yourself, no one want to have war with you guys, stop making a fool out of yourself.
Think before you say! smartass!

DenJaka said...

Duit yg dipakai beli hasil nyolong Kayu dan Ikan di Indonesia. Trus dipakai perang dgn Indonesia,.. He he