Wednesday, July 25, 2007

Latihan Bersama TNI AU Dengan USAF “Teak Iron”

Dispenau, Selasa, 24 Juli 2007 -- Bertempat di Terminal Selatan Bandara Halim Perdana Kusuma kemarin Senin (23/7) telah diselenggarakan pembukaan Latihan Bersama TNI AU dengan Amerika Serikat, dengan nama sandi “Teak Iron”. Latihan bersama ini dibuka oleh Letkol PNB Julexy Tambajong, sehari-hari adalah Komandan Skadron Udara 31, mewakili Komandan Wing I Lanud Halim, Kolonel PNB Asep Adang Supriyadi selaku Direktur Latihan. Hadir pula pada acara tersebut Major Ken Richardson selaku Wakil Direktur Latihan.

Dirlat Teak Iron dalam sambutan yang dibacakan Letkol PNB Julexy mengatakan, maksud dan tujuan latihan bersama ini adalah untuk membagi pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat meningkatkan kemampuan personel melaksanakan penerjunan dalam tingkat rendah. Di lain pihak adalah untuk mempererat persahabatan dan kerjasama yang baik diantara kedua Angkatan Udara yang akhirnya menuju pada kedekatan hubungan kerjasama kedua negara.

Kegiatan yang akan dilaksanakan berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 03 Agustus 2007 dipusatkan di Terminal Selatan Bandara Halim PK. Rangkaian kegiatannya antara lain Techical low level, Cargo Drop and Personil Drop serta unsur operator pesawat Hercules.

Pesawat Hercules yang terlibat yakni dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32. Sedangkan taktik tempur melibatkan unsur dari Asia Tactic Squadron USAF serta Pasukan Khas Angkatan Udara yang terdiri atas 10 personel, jump master dari Wing III Paskhas, 20 personel dari Sarpur Skadron Paskhas 463 Trisula Lanud Iswahyudi Madiun, 14 personel dari Dalpur Skadron Paskhas 464 Nanggala Lanud Abd Rahman Saleh Malang di bawah pimpinan Komando Latihan, Kapten PSK Subuki.

No comments: