Thursday, July 19, 2007

Jet-Jet Tempur Inggris Hadang 2 Pesawat Pembom Rusia

London--RoL-- Sejumlah jet tempur Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dikerahkan untuk menghadang dua pesawat pembom Rusia yang menuju wilayah udara Inggris, demikian dilaporkan The Times, Rabu, namun Moskow segera membantah tegas pelanggaran itu.

Surat kabar tersebut mengatakan, dua jet tornado RAF dari satuan reaksi cepat lepas landas dari pangkalan RAF Leeming di Inggris bagian utara untuk menghadapi dua pesawat Rusia "Beruang" Tu95 setelah pesawat-pesawat pembom itu dibayang-bayangi oleh sejumlah pesawat F-16 Angkatan Udara Kerajaan Norwegia.

Seorang jurubicara RAF yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa pesawat-pesawat pembom Rusia itu, yang berpangkalan di kota pelabuhan utara Rusia, Murmansk, di Lingkaran Kutub Utara, berbelok kembali sebelum mencapai wilayah udara Inggris.

The Times, yang menyebutkan peristiwa itu terjadi Selasa, mengatakan, tidak ada bukti yang mengisyaratkan bahwa hal itu memiliki hubungan rencana pengusiran empat diplomat Rusia oleh Inggris terkait dengan sikap Moskow mengenai masalah Alexander Litvinenko.

Rusia hari Selasa menjanjikan tanggapan "bertarget dan tepat" atas langkah Inggris itu, yang diambil karena penolakan Moskow untuk mengekstradisi seorang mantan agen KGB yang dituduh meracuni pembangkang terkenal tersebut di London tahun lalu.

Berita selengkapnya

No comments: