Monday, July 02, 2007

Armada Baru Skadik 102

Komandan Skadik 102 Wingdik Terbang, Lanud Adisutjipto Letkol. Pnb. H. Haris Haryanto S.IP memimpin langsung pelaksanaan uji fungsi dua pesawat KT-1B Wong Bee bernomor ekor LD 0108 dan LD 0109. Ia didampingi Mr. Lee Jin Ho selaku test pilot dari pihak KAI (Korean Aeropace Industries).

Test uji terbang dilakukan di Bandung pada 6 Juni 2007 usai dilakukan perakitan ulang oleh pihak KAI yang bekerjasama dengan PT DI (Dirgantara Indonesia). Uji fungsi berlangsung lancar dengan hasil memuaskan, ditujukan untuk memenuhi persyaratan kelaikan yang telah ditentukan sesuai dengan standar IMAA ( Indonesia Military Airworthiness Authorithy). Sekaligus dilakukan juga acceptence test oleh pihak TNI-AU selaku pengguna pesawat tersebut.

Kini Skadik 102 Wingdik Terbang, Lanud Adi Sutjipto memiliki sembilan pesawat KT-1B Wong Bee setelah sebelumnya mengoperasikan tujuh pesawat ini dan 16 pesawat T-34 Charlie.

KT-1B digunakan sebagai pesawat latih para calon instruktur penerbang dijajaran Wingdik Terbang Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. (Mayor Pnb.Indan Gilang B/DN.Yusuf)

No comments: