Thursday, January 22, 2009

Uji Terbang Sukhoi Ketiga Berjalan Sukses



JAKARTA - Uji terbang (test flight) jet tempur Sukhoi baru TNI Angkatan Udara (AU) yang tiba di Indonesia pada 17 Januari 2009 berlangsung sukses, di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Uji terbang satu Su-30MK2 tersebut dilakukan oleh penerbang Rusia Dhemchenko DN Tarakanov selama satu jam untuk menguji dan memastikan semua sistem pesawat berfungsi dengan baik, ungkap Komandan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Pnb Arif Mustofa, ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis (22/1).

"Uji terbang pertama Sukhoi dengan nomor registrasi TS-3005 ini dan berjalan sukses. Uji terbang dilakukan selama satu jam," ungkapnya, seusai memantau langsung proses uji terbang. Tambahan pesawat tempur terbaru buatan KnAPOO ini total berjumlah enam unit beserta sparepart mesin dan avionik tempur.

Antonov Kembali Mendarat


Sementara itu, Pesawat Antonov-124 VDA-9620 Rabu (21/1) kemarin kembali datang membawa suku cadang dan beberapa perlengkapan tempur termasuk persenjataan Sukhoi. Serta dua buah mobil perangkat operator computer.



Pesawat Antonov yang dipiloti Danilo Evgenny dari Rusia tersebut total membawa sekitar 216 boks item yang diangkut seluruhnya dalam satu sortie penerbangan.

Lebih lanjut, tambahan tiga pesawat Su-27SKM akan tiba secara bertahap mulai 2009 hingga 2010. Dengan kedatangan enam Sukhoi hingga 2010, maka TNI AU memiliki sepuluh unit Sukhoi.

©alutsista, Dikutip dari beberapa sumber berita

No comments: