Monday, July 21, 2008

TNI AL - US Navy Gelar Latihan Bersama "NEA 2008"


USS Tortuga (LSD-46)

Surabaya - TNI Angkatan Laut dan US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) dari jajaran "US Pacific Command", kembali mengadakan latihan bersama "Naval Engagement Activity 2008" (NEA) dalam kerangka kerja sama bilateral kedua negara.

Pembukaan kegiatan latihan bersama itu dilakukan Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim), Laksamana Pertama TNI Slamet Yulistiyono dan dihadiri "Commander Task Force" (CTF) 73, Real Admiral Nora Tyson di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang Koarmatim, Ujung Surabaya, Senin.

"Latihan bersama NEA antara TNI AL dengan US Navy sudah dilakukan beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan kedua belah pihak, baik dari sisi teknis maupun taktis matra laut", kata Slamet Yulistiyono.

Kegiatan yang berlangsung 21-26 Juli 2008 itu, melibatkan sekitar 100 personel US Navy dan 150 personel TNI AL. Selain di Surabaya, latihan bersama juga digelar di Tuban dan Situbondo.

Slamet Yulistiyono menjelaskan, dalam latihan ini, US Navy datang ke Surabaya dengan empat kapal perang, yakni USS Tortuga, Ford dan Jarret yang kini sudah bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan USNS Safeguard akan lego jangkar.

"Yang terpenting, latihan bersama semacam ini juga bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan mempererat hubungan diplomatis kedua negara", kata Kasarmatim menambahkan.

Sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dalam latihan bersama NEA 2008 ini, diantaranya demonstrasi penggunaan "Centrixs" di USS Tortuga, simposium kesehatan dan "military observer", pelatihan "US Coast Guard" dan penyelaman di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) serta latihan tentang Marinir di Karang Tekok Situbondo.

Tim Penyelam TNI AL dan US Navy pada kesempatan itu melakukan latihan penyelaman, sekaligus mengangkat kerangka kapal yang tenggelam di perairan APBS.

Selain itu, juga ada kegiatan sosial lainnya, seperti pembuatan MCK dan pipanisasi air bersih di Desa Bulu Meduro Kabupaten Tuban, pertandingan olahraga hingga kolaborasi pentas musik yang melibatkan TNI AL, US Navy dan Sekolah Musik Purwacaraka.

"US Navy terus berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan TNI AL. Kami mendapat banyak manfaat dan keuntungan dari kegiatan latihan bersama ini", kata Real Admiral Nora Tyson.

Di sela-sela latihan bersama ini, US Navy mengadakan "open ships" untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Surabaya, khususnya pelajar mengunjungi kapal-kapal perang milik AS yang sandar di Dermaga Tanjung Perak. (*)

Sumber : ANTARA

No comments: