Tuesday, February 14, 2012

Indonesia Belum Putuskan Kirim Pasukan PBB ke Suriah

JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, menyatakan, Indonesia masih belum memutuskan untuk mengirim pasukan perdamaian terkait konflik Suriah. Sebab, menurutnya, pengiriman pasukan ini juga membutuhkan mandat PBB. “Konflik di Suriah ada pos untuk suriah, apakah Indonesia akan berperan, saat ini masih wait and see. Baru kita akan mengirim pasukan dalam penjaga perdamaian, dan selalu di bawah mandat PBB,”kata Menlu di kantor Menko Polhukam Jakarta, Senin (13/2).

Menurut Marty, wacana pembentukan pasukan perdamaian untuk Suriah telah mengemuka di PBB. Pasukan perdamaian ini rencananya terdiri dari negara-negara Liga Arab dan PBB. “Namun belum ada rencana konkrit,”ujarnya.

Indonesia, tambahnya, telah melakukan komunikasi dan melakukan langkah-langkap diplomasi terkait konflik tersebut. “Dalam waktu dekat kami juga akan melakukan koordinasi dengan Menlu Tiongkok,”pungkasnya.

Sebelumnya, China menyatakan berencana mengirimkan utusan ke Timur Tengah untuk membantu menyelesaikan konflik di Suriah.

Sumber : JURNAS.COM

No comments: