Thursday, July 16, 2009

TNI dan USAF Gelar Operasi Pasific Angel

KUPANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan US Air Force menggelar "Operasi Pasific Angel" di dua kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kupang dan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 15-20 Juli 2009," kata kordinator pelaksana latihan Letkol Penerbang, Ferdinan Roring di Kupang, Rabu (15/7).

Kegiatan operasi yang dilaksanakan ini, kata Roring, khusus di bidang kesehatan antara TNI dan US Pacaf. Tim Pacaf ini akan menggelar pengobatan gratis di desa Batakte, Kecamatan Kupang Barat dan Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang serta di kelurahan Naioni Kota Kupang.

"Kegiatan pengobatan gratis ini dilaksanakan selama tiga hari hingga 17 Juli 2009," katanya.

Hari ini, kata Roring, pesawat kargo C-17 Globemaster milik USAF tiba di Lanud El Tari Kupang pada pukul 09.30 Wita mengangkut obat-obatan dan personel medis guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di dua kabupaten/kota tersebut.

Pesawat C17 tersebut, jelas dia, berangkat langsung dari Hawai menuju Kupang tanpa transit dengan menempuh perjalanan kurang lebih tujuh jam. Hal ini dimungkinkan karena pesawat mampu mengangkut bahan bakar hingga 50 ton.

Selain melakukan pengobatan gratis, kata Roring, tim Pacaf ini juga akan membangun "solar cell" dan pompa air di tiga wilayah tersebut guna mengatasi kesulitan air bersih yang dihadapi masyarakat di wilayah tersebut.

Puncak kegiatan, kata Roring, akan berlangsung pada 18-20 Juli 2009, yakni latihan evakuasi medis di udara antara TNI dan tim Pacaf USA di Lanud El Tari Kupang.

Ia mengatakan, mulai hari ini tim Pacaf dan TNI telah melaksanakan pelayanan kesehatan gratis di Kelurahan Naioni yang meliputi pemeriksaan mata, gigi, dan penyakit bagian dalam kepada semua warga yang berada di kelurahan tersebut.

Dengan diadakan pengobatan gratis oleh Pacaf USA ini, maka NTT sudah dua kali mendapat pengobatan gratis dari pemerintah Amerika Serikat, karena sebelumnya kapal Angkatan Laut UNSS Mercy juga pernah melakukan kegiatan pengobatan gratis di Provinsi NTT.

Sumber : ANTARA

No comments: