Tuesday, July 10, 2007

KRI Yos Sudarso Buatan 1960-an, Terbakar Saat Repowering

Ari Saputra - detikcom Jakarta - KRI Yos Sudarso milik TNI AL dibuat pada tahun 1960-an. Kapal itu terbakar saat dilakukan pergantian mesin untuk penambahan daya (repowering) di Galangan Dua, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/7/2007).

Berikut petikan wawancara wartawan dengan Kadispen Koarmatim Letkol L Toni Saiful melalui telepon mengenai insiden kebakaran itu:

Bagaimana kronologi kebakaran, Pak?
Kapal ini sudah ngedok sejak dua hari lalu utuk repowering atau pergantian mesin untuk penambahan daya. Belum diketahui pastinya penyebab kebakaran.

Apakah pas pengelasan muncul api?
Bisa jadi, karena itu kan berhubungan dengan perbaikan mesin. Kemungkinan terjadi overhaul.

Siapa yang bertanggung jawab?
Yang bertanggung jawab adalah dari PT Dok Kodja Bahari. ABK hanya mengawasi. Ditariknya saja (ke dok) pakai kapal tunda.

Ini kapal buatan kapan?
Ini buatan tahun 1960-an. Mantan kapal PV Vanspijk milik Belanda. Kemudian diperbaiki. Sebelumnya repowering tahun 1996. Sejauh ini tanggung jawab di Mabes AL karena perawatan masuk ke Mabes, bukan di Armatim. Komandan KRI Yos Sudarso adalah Letkol L Retarto.

Korban Bambang yang pingsan dari kesatuan mana?
Kami masih menyelidiki pastinya.
Data terakhir : korban bernama Bambang Irwanto (32) profesi sebagai mekanik.

Api yang mengamuk di KRI Yos Sudarso saat ini telah berhasil dijinakkan. Petugas pemadam kebakaran juga telah pulang kandang. (nrl/sss)

No comments: